Jumat, 24 Agustus 2012

Tips Sederhana Merenovasi Hunian


Banyak tip sederhana yang dapat diaplikasikan saat memperbaiki atau memperindah ruang hunian.

1. Fungsi lain selotip

Memaku di dinding kerap menimbulkan masalah baru.Paku terpasang kuat,tetapi dinding disekitar akan retak.Untuk mengatasinya,tempelkan selotip di area dinding yang hendak dipaku.Selanjutnya,Anda dapat mulai memaku di dinding yang telah dialasi tersebut. Alhasil,paku terpasang baik dan dinding di sekitarnya tidak retak.Lepas selotip secara perlahan agar cat tak ikut terkelupas.

2. Ruang Terkesan Luas

Sadarkah Anda bila ruang yang sempit bisa terkesan luas bagi penggunanya secara psikologis?Kiatnya,tutup tembok Anda dengan cat berwarna terang,seperti putih gading,pastel,pink,maupun hijau pucat.Letakkan cermin besar di salahsatu sisi ruang.Kiat tambahan,gunakan perabot berukuran lebih rendah dari pandangan mata atau bentuk cenderung horizontal.
3. Pelumas Dari Minyak Jelantah

Minyak jelantah adalah minyak kelapa bekas pakai. Sebelum membuangnya cek engsel pada pintu,jendela,lemari,kunci gembok,bahkan rantai sepeda.Apabila berderit dan agak macet,oleskan minyak jelantah pada bagian yang berderit hingga tidak berbunyi lagi saat dibuka-tutup.Pastikan minyak jelantah bukan sisa menggoreng lauk pauk yang umumnya meninggalkan bau amis.

4. Mengecat Tangga

Saat mengecat tangga,lakukan secara berselang-seling pada anak tangga ke-1,3,5 dan seterusnya agar tangga masih dapat dilewati meski cat belum kering atau Anda masih mengerjakannya.Setelah cat mengering,baru cat anak tangga ke-2,4,6 dan sisanya.

5. Alternatif Terpentin

Terpentin seringkali digunakan untuk membersihkan noda cat.Namun,jika kulit Anda yang terkena percikan atau tumpahan cat,gunakan minyak zaitun sebagai alterntif.Selain dapat membersihkan noda,minyak zaitun dapat menghaluskan kulit.Pilihan lain,keju atau margarin bisa juga digunakan untuk membersihkan noda cat yang masih baru dikulit.

6. Kuteks Mengilapkan Handle Pintu.

Gagang pintu (handle) berwarna emas lebih mudah pudar jika terlalu sering digunakan.Ada trik menarik untuk menjaga kilau warna handle,sekaligus membuatnya awet.Oleskan cat kuku (kuteks) berwarna bening secara merata,lalu dikering anginkan.Pastikan kuteks benar-benar telah kering sebelum handle pintu dipasang.

7. Pagar Awet Meski Terpapar Cuaca.

Mempercantik material pada dinding pagar tentu membuat tampilan hunian lebih nyentrik dan mempercepat pembuatannya. Namun di sisi lain,material seperti batu tempel sangat berpotensi ditumbuhi lumut karena terkena cahaya matahari,guyuran air hujan,atau pergantian cuaca ekstrim sepanjang hari.Menyikatnya akan menghabiskan waktu dan tenaga.Oleh karena itu,lapisi permukaan material dengan cat pelapis (stone coating). Jenisnya ada yang mengilap dan doff.Jenis finishing mengilap akan menghasilkan efek warna yang selalu basah wetlook.Jenis Doff menciptakan efek natural seolah tanpa lapisan.

8. Bersihkan Debu Sisa Ngebor.

Setelah melubangi tembok atau kayu terdapat debu-debu sisa penegeboran,untuk menghilangkannya,aktifkan nosel vacuum cleaner ke arah titik pengeboran. Alhasil,semua kotoran akan terhisap ke vacuum cleaner dan tempat Anda pun bersih kembali.

9.Memaku Bambu

Memaku bambu gampang-gampang susah.Jika lengan Anda terseok saat memaku,bambu bisa pecah dan tidak terpakai.Untuk mencegahnya,aplikasikan kiat berikut.Potong ujung paku yang akan digunakan dengan gergaji,selanjutnya celupkan ujung paku ke minyak pelumas atau oli bekas.Lantas,paku pun bisa digunakan untuk memaku bambu.

10. Memperbaiki Kayu 'penyok'
Saat memindahkan furnitur kayu,tanpa sengaja Anda menyenggol tembok atau kusen pintu sehingga kayu furniture sedikit 'penyok'.Anda masih bisa memperbaikinya jika 'penyok'kayu tidak terlalu dalam (1-2 mm).Tempel kayu yang 'penyok' dengan lap basah.Kemudian,setrika bagian tersebut hingga lap mengering dan bagian yang 'penyok'tersamarkan

Tidak ada komentar: